Latest Updates

SETUP/INSTALASI PERANGKAT LUNAK

SETUP/INSTALASI PERANGKAT LUNAK:
  1. Membaca manual instalasi/setup.
  2. Koneksi kendali ke piranti. 
  3. Pengaturan fungsi jaringan.
  4. Pengaturan fungsi peripheral lain. 
  5. Melakukan back-up.
1.  MEMBACA MANUAL INSTALASI/SETUP
  • Apa sih Membaca Manual Instalasi Setup itu? Maksudnya ialah membaca tata cara / langkahlangkah dalam melakukan instalasi suatu aplikasi / software. Ini semacam buku panduan dalam menginstall aplikasi / software sehingga dapat berjalan dengan baik dan benar.
  • Dengan membaca manual instalasi, kita dapat memahami: Kebutuhan hardware, Kebutuhan sistem, Langkah instalasi, Cara kerja.
  • Ragam perangkat lunak komputer dikelompokan menjadi 3: Perangkat lunak utama, Sistem administrasi jaringan, Sistem keamanan jaringan.
2. KONEKSI KENDALI KE PIRANTI
  • Maksudnya disini adalah bagaimana cara sebuah perangkat lunak / software dapat mengendalikan sebuah hardware / perangkat keras. Seperti pada contoh driver pada sebuah laptop. Tanpa sebuah driver perangkat – perangkat keras seperti WiFi Adapter, Soundcard, VGA Card, dll tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendali dari sebuah perangkat lunak.
3. PENGATURAN FUNGSI JARINGAN
  • Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). 
  • Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). 
  • Pihak yang meminta/menerima layanan disebut client dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server. 
  • Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer
4. PENGATURAN FUNGSI PERIPHERAL LAIN.
  • Sebelum itu kita harus tau terlebih dahulu apa itu peripheral?
  • Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal.
  • Peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi peripheral komputer tersebut, yaitu:
a) Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
b) Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.
  • Setiap peripheral mempunyai peran dan fungsi masing-masing sehingga saling membantu sama lain. 
  • Dari macam peripheral diatas dapat digaris bawahi bahwa setiap peripheral saling mendukung kerja satu sama lain antara komponen peripheral utama maupun komponen peripheral pendukung. 
  • Sebagai contoh untuk melakukan perintah print pada printer maka diperlukan keyboard atau mouse untuk memasukan intruksi agar komputer dapat melakukan perintah print.
5. MELAKUKAN BACK UP
  • Setiap software yang terinstal didalam windows memiliki parameter nya masing-masing didalam registry. 
  • Apabila kita adalah seorang yang hobi menginstal bermacam-macam software didalam komputer ada baiknya melakukan backup registry anda rutin setiap bulan untuk mencegah terjadinya crash atau error pada registry yang disebabkan oleh kegiatan instal-unistal yang berlebihan atau karena disebabkan oleh kesalahan hapus pada software-software cleaner.
  • Cara untuk melakukan backup pada registry adalah
a) Klik start menu > run
b) Ketikkan regidit 
c) Enter 
d) Pilih file > export 
e) Setelah itu anda dapat menyimpan dimanakah file backup tersebut akan disimpan
f) Untuk melakukan restore registry dapat memilih file > impoort
  • Melakukan back up pada PC (windows 7, 8 , dst)
A) Carilah alat penyimpan yang tepat:
* Anda akan membutuhkan sebuah alat yang mampu menyimpan semua data yang ada perlukan untuk dibuat backup. Alat ini sebaiknya minimal dua kali dari ukuran hard drive yang akan anda buat backupnya. Hard drive eksternal merupakan pilihanterbaik dan mudah dicari.
*Bisa juga membuat partisi (untuk menyimpan data). Jika anda ingin memakai komputer saat ini sebagai sebuah cadangan. Tetapi anda harus sadar bahwa pilihan ini kurang aman, karena sistem tetap rentan terhadapap serangan virus komputer dan kerusakan hard drive
B) Hubungkan alat dengan komputer kita
C) Aturlah advace setting 
*Setelah program terbuka, jika ingin mengubah beberapa pengaturan pada bagian advace setting, yang diakses dari sebelah kiri. Disini bisa mengubah sebebrapa sering komputer membuat cadangan, berapa lama file disimpan, dan berapa banyak ruang yang bisa digunakan
D) Pilih drive backup
E) Klik “Turn On”

0 Response to "SETUP/INSTALASI PERANGKAT LUNAK"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers