Latest Updates

Tips Menangani Penyadapan Menurut Onno W Purbo

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Oleh karena adanya globalisasi banyak pengaruh-pengaruh yang dapat merasuki jiwa suatu Negara. Namun perlu kita ketahui bahwa dampak yang diberikan oleh adanya globalisasi ini bukan hanya berdampak baik namun buruk pula yang dapat diberikannya.

Suatu Negara baik yang telah maju maupun masih berkembang terdapat banyak isu-isu yang disajikan oleh media-media informasi. Penyadapan yaitu kegiatan pengambilan informasi dari pihak lain tanpa diketahui dari pihak yang diambil informasinya. Di era modern ini penyadapan sudah dilakukan dengan berbagai alat canggih. Hal tersebut adalah pengaruh dari globalisasi yang terjadi sekarang ini. Seperti penyadapan yang dilakukan oleh Australia terhadap saluran telekomunikasi pemerintah Indonesia serta kasus penyerangan situs SBY ( Susilo Bambang Yodhoyono).

Pada kejahatan ini dilakukan dengan memasuki/menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia. Namun begitu, ada juga yang melakukannya hanya karena merasa tertantang untuk mencoba keahliannya menembus suatu sistem yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kejahatan ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi Internet/intranet.

Penyadapan telepon (atau penyadapan kawat) yang dialami oleh Presidan kita adalah pemantauan percakapan telepon dan Internet oleh pihak ketiga, seringkali dilakukan dengan cara rahasia. Percakapan telepon dapat direkam atau dipantau secara tidak resmi, baik oleh pihak ketiga tanpa sepengetahuan pihak yang disadap, ataupun direkam oleh salah satu pihak yang melakukan penggilan telepon. Penyadapan telepon dikontrol secara ketat dan pada umumnya dilarang dengan alasan privasi, namun juga bisa dilegalkan untuk alasan tertentu, sesuai dengan hukum yang berlaku di negara yang bersangkutan.

Seperti yang diungkapka oleh pakar Teknologi Informasi (TI) Indonesia, Onno W Purbo. Beliau menyebut ada beberapa cara dalam menjalankan operasi penyadapan. Ini kembali soal kemampuan sumber daya manusianya, berbagai jurus pertahanan anti sadap sejatinya bisa dilakukan.

Menurut Onno, penyadapan bisa dianalisis berdasarkan logika. Adapun logika langkah penanganan penyadapan yang dijabarkan mantan dosen ITB ini adalah:
  1. Pastikan bahwa kita memang disadap, ini biasanya susah.
  2. Ganti nomor/SIM card.
  3. Gunakan enkripsi untuk berbicara.
  4. Koordinasikan dengan lembaga atau operator terkait untuk membantu proses forensik dan lainnya.
Onno juga berbagi ilmu untuk mempertahankan diri dari usaha penyadapan. Tips ini terbagi untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Berikut tips pertahanan anti sadap.

A. Pertahanan jangka pendek.
Untuk komunikasi pembicaraan:
  • Usahakan untuk seminimal mungkin menggunakan saluran komunikasi publik.
  • Usahakan untuk menggunakan saluran yang ada jaminan milik Indonesia/sendiri.
  • Usahakan untuk meng-enkrip komunikasi.
Untuk situs:
  • Evaluasi pertahanan. Bisa menggunakan fasilitas Pentest yang ada di sistem operasi seperti backtrack & kali linux.
  • Sebaiknya ada tim nasional/tim sektoral yang melakukan tes penetrasi secara periodik.
  • Buat Computer Emergency Responds Team secara nasional maupun sektoral untuk koordinasi.

B. Pertahanan jangka menengah.Untuk situs:
  • Tutup semua lubang security yang ada di situs. Jika perlu tulis ulang source code PHP yang digunakan.
Untuk jaringan:
  • Pasang Honeynet untuk monitoring serangan di jaringan.
  • Pasang Intrusion Detection System & Intrusion Prevention System di semua situs Indonesia dan pastikan untuk melapor secara otomatis ke Computer Emergency Responds Team.

C. Pertahanan jangka panjang.Untuk komunikasi pembicaraan:
  • Pastikan root password semua peralatan telekomunikasi tidak berada di tangan asing.
  • Pastikan jalur yang digunakan semua peralatan telekomunikasi tidak menggunakan jalur asing.
  • Usahakan untuk menggunakan peralatan buatan sendiri, bukan asing.
Untuk situs:
  • Buat e-book standar prosedur keamanan situs dan jaringan.
  • Buat e-book teknik keamanan jaringan.
  • Lakukan training-training secara aktif.
  • Ubah kurikulum di perguruan tinggi agar keamanan jaringan menjadi bagian penting dalam kurikulum.

0 Response to "Tips Menangani Penyadapan Menurut Onno W Purbo"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers