Latest Updates

Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat - Dalam kehidupan bermasyarakat pasti muncul perubahan sosial. Perubahan yang paling awal dapat muncul adalah adanya kebutuhan setiap individu seseorang sebagai anggota masyarakat dalam menanggapi lingkungannya.

Kebutuhan setiap individu tersebut mengakibatkan terjadinya interaksi sosial antar-individu, baik antar-warga masyarakat setempat maupun dengan warga masyarakat lain yang saling memengaruhi.

Salah seorang ahli sosiologi yang bernama Bonner, menyebutkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling memengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.

Interaksi sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:
  1. faktor imitasi
  2. faktor sugesti
  3. faktor identifikasi
  4. dan faktor simpati
Faktor-faktor tersebut di atas membuat individu memilih untuk melakukan interaksi sosial yang hasilnya adalah menanggapi setiap gerak kehidupan dalam masyarakat. Tanggapan anggota masyarakat tersebut terutama dalam menanggapi tradisi yang berlaku.

Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat terjadi karena masyarakat tersebut menginginkan perubahan. Perubahan juga dapat terjadi karena adanya dorongan dari luar sehingga masyarakat secara sadar ataupun tidak akan mengikuti perubahan. Perubahan yang menyangkut kehidupan manusia atau terkait dengan lingkungan fisik, alam, dan sosial disebut perubahan sosial.

Perubahan sosial cepat atau lambat senantiasa terjadi dan tidak dapat dihindari oleh siapapun. Suatu perubahan bergantung dan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. Perubahan dapat berarti suatu perkembangan yang sesuai dengan tujuan atau dapat juga tidak sesuai dengan yang hendak dicapai.

Oleh karena itu, orang perlu mengetahui mengapa perubahan dapat terjadi dan mengapa masyarakat perlu menanggapi atau menyesuaikan dengan perubahan.

0 Response to "Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini