Latest Updates

Contoh Soal Flow Chart dan Pembahasan

Contoh Soal:
Untuk memahami langkah-langkah pembuatan program untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah tertentu, berikut akan diberikan beberapa contoh kasus.
Arnie sangat menyukai jogging pagi. Selama ia jogging, ia menghitung berapa langkah yang ditempuh selama menit pertama dan menit terakhir. Kemudian Arnie menghitung rata-rata dari menit pertama dan terakhir kemudian menganggap bahwa rata-rata ini dapat mewakili rata-rata langkah setiap menitnya. Buat program yang menerima rata-rata langkah yang dibuat setiap menitnya dan total waktu yang ditempuh Arnie untuk jogging dalam jam dan menit, lalu menampilkan jarak yang ditempuh Arnie dalam mil. Asumsi 1 langkah yang dibuat Arnie adalah 2,5 feet. (1mil sama dengan 5280 feet).

Langkah-langkah penyelesaian dari masalah yang telah dijabarkan di atas adalah :
Merumuskan masalah yang ada
Buat program untuk menghitung dan menampilkan jarak yang ditempuh Arnie (dalam mil) sewaktu ia lari pagi, jika rata-rata banyaknya langkah yang dibuat dalam tiap menit dan waktu yang diperlukan untuk joging (dalam jam dan menit) diinput. Asumsi 1 langkah = 2.5 feet dan 1 mil = 5280 feet.

Menganalisis kebutuhan sistem
Input : rata-rata langkah yang dibuat dalam 1 menit, waktu joging dalam jam dan menit.
Output : Jarak yang ditempuh sewaktu joging (mil)
Informasi tambahan : 1 mil = 5280 feet, 1 langkah = 2.5 feet
Format output : -

Melakukan perancangan program
Baca : rata-rata langkah yang dibuat dalam 1 menit (diwakili oleh variabel Rata), waktu joging dalam jam (diwakili oleh variabel Jam), waktu joging dalam menit (diwakili oleh variabel Menit)
Baca Rata
Baca Jam
Baca Menit
Hitung Jarak
Jarak = (Rata (60 Jam + Menit) 2.5) / 5280
Cetak Jarak

Flow chart untuk kasus di atas dapat dilihat pada Gambar 1.1.

0 Response to "Contoh Soal Flow Chart dan Pembahasan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini