Latest Updates

Pengertian dan Proses Pada Encapsulasi

Encapsulasi adalah proses pemberian informasi (berupa header atauTrailer) data menjadi paket data (PDU = Protocol Data Unit) sebelum dikirimkan ke layer selanjutnya, proses ini terjadi pada proses pengiriman paket data menuju host tujuan.

Proses dari Encapsulation terbagi kedalam lima proses, yaitu :

  1. Tahap 1: Build the Data (PDU = Data). Proses perubahan format aplikasi menjadi PDU yang disebut sebagai DATA, yang dapat dikirimkan melalui media jaringan.
  2. Tahap 2: Package the data for end-to-end transport (PDU = Segments). Proses pengumpulan data yang akan dikirimkan menjadi paket data yang disebut dengan SEGMENT.
  3. Tahap 3: Add the network IP address to the header (PDU=Packets). Pemberian informasi alamat logical (IP Address) asal dan tujuan paket data.
  4. Tahap 4: Add the data link layer header and trailer (PDU=Frames). Pemberian informasi (Frame Header and Trailer) paket data mengenai perangkat jaringan yang terhubung langsung (directly-connected).
  5. Tahap 5: Convert to bits for transmission (PDU=Bits). Proses konversi paket digital menjadi sinyal-sinyal listrik agar paket data dapat dikirimkan melalui media.
Proses Enkapsulasi terjadi dari Tahap 1 menuju/sampai tahap 5, sedangkan proses kebalikannya yang terjadi pada host tujuan berupa tahap 5 menuju tahap 1 diatas dikenal dengan istilah Dekapsulasi, yaitu terjadi proses pelepasan informasi (berupa header atau trailer) paket data menjadi data.

Proses enkapsulasi terjadi pada proses pengiriman paket data atau proses request pada handshake. Sedangkan proses dekapsulasi terjadi pada proses penerimaan paket data (pada sisi tujuan) atau pada handshake dikenal dengan istilah respon.

Tips :
Simulasi dari analogi teori ini dapat dilihat pada aplikasi network capture dari software wireshark. Pada software ini dapat dilihat spesifikasi content pada setiap layer meliputi data, header dan trailler-nya.

0 Response to "Pengertian dan Proses Pada Encapsulasi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers