Latest Updates

Pengertian WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan sistem jaringan yang menghubungkan antar Autonomous System (AS). Satu Autonomous System dapat terdiri atas satu jaringan atau lebih. WAN mencakup daerah geografis yang luas, memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh.

Untuk menhubungkan beberapa autonomous system, selain diperlukan media fisik tertentu, juga diperlukan teknologi WAN yang bekerja dengan melakukan komunikasi dengan pengolahan frame.

Pada implementasinya, teknologi WAN dapat bekerja pada lapisan datalink atau gabungan antara lapisan fisik dan datalink. Pada lapisan datalink yang dikerjakan merupakan proses sinkronisasi digital yang juga dilengkapi dengan authentikasi.

Pada lapisan fisik, sejumlah standarisasi pensinyalan yang didefinisikan pada type jalur tertentu dengan kapasitas maksimal data yang dapat dimuatkan pada media telah disediakan untuk membangun Wide Area Network (WAN). Tabel 9.1 menjelaskan standarisasi media yang dapat digunakan untuk membangun Wide Area Network (WAN).

Pada implementasinya macam-macam line type di produksi oleh banyak vendor, satu hal yang membatasi dalam pembuatannya, setiap vendor harus mematuhi aturan standarisasi seperti tercantum pada gambar di bawah ini.

Pengertian WAN (Wide Area Network)

0 Response to "Pengertian WAN (Wide Area Network)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers