Latest Updates

Sejarah Macintosh Operating System (MAC OS)

Macintosh Operating System (MAC OS) merupakan system operasi computer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc adalah sebuah perusahaan silicon valley yang bergerak di bidang computer.

MAC OS merupakan OS yang pertama menggunakan system GUI(Graphical User Interface). Para pemakai computer begitu takjub melihat macintosh yang sangat ramah melayani pemakai. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar yang ada. Mac OS dibuat khusus untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsitektur PowerPC maupun X86.

Proyek Macintosh dimulai akhir tahun 70-an ketika Jef Raskin, seorang karyawan Apple, bercita-cita membuat komputer murah yang mudah digunakan. Raskin ingin menamai komputer tersebut dengan tipe apel kesukaannya: McIntosh. Apel McIntosh sendiri memperoleh namanya dari sang petani yang menemukannya, yaitu John McIntosh, pada tahun 1811 di Ontario, Kanada. Tetapi komputer tersebut akhirnya dinamai Macintosh karena nama McIntosh sudah digunakan sebagai merek perangkat audio.

Versi terakhir Mac OS saat ini adalah Mac Os X yang diluncurkan pada tahun 2000. Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan KERNEL BSD. Sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehinggaJenis-jenis Macintosh antara lain :
  • Macintosh 128K, Macintosh 512K pada tahun 1984
  • Macintosh Plus pada tahun 1986
  • Macintosh II, Macintosh SE pada tahun 1987
  • Macintosh Iik pada tahun 1988
  • Macintosh SE/30, Macintosh Iicx, Macintosh Iici, Macintosh Portable pada tahun 1989
  • Macintosh Iifx, Macintosh Classic, Macintosh Iisi, seri Macintosh LC pada tahun 1990
Masih banyak lagi jenis dari sistem operasi Macintosh, hingga tahun 2006 Macintosh mengeluarkan MacBook, dan MacBook Pro menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

1 Response to "Sejarah Macintosh Operating System (MAC OS) "

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers