Latest Updates

Contoh Teks Pidato Bertema Ramadhan

Assalamu’ alaikum wr. wb..
Hamdan Wa Sukrolillah, Washolatu wasalamu Ala Rosulillah, Amma ba’ du.

Puji syukur Alhamdulilah atas segala limpahan karunia-Nya. Sholawat dan salam milik Allah semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Saw.

Bapak/Ibu Dewan Juri yang saya hormati, dan hadirin yang dimulyakan Allah.

Bulan Ramadhan adalah bulan, perjuangan, syahrul jihad. Ada 3 cara kita mengikuti orang-orang syufi dalam melaksanakan ibadah bulan suci ramadhan. Yang pertama takholli, apa itu takhalli? Ngosongin dosa dari penyakit-penyakit hati. Penyakit ini kumpul banyak, didalam jiwa, raga , ruh batin, terminalnya di hati. Irii, apa itu iri? Pengen terus apa yang dimiliki orang lain. Betul tidakk? Penyakit yang kedua, dengki. Ngga suka orang lain seneng, susah liat orang lain seneng, seneng liat orang?? Ngga beli sepatu langsung mriyang, besok denger temen beli motor masuk rumah sakit, di rumah sakit denger temen beli mobil, mati.! Padahal temennya ngga ngapa-ngapain, ini semuanya kumpul di dalam hati. Iri dengki hasud, bangga diri, merasa paling sholeh, merasa paling cantik, merasa paling ganteng. Kita ini suka terpengaruh oleh dunia. Ngga punya duit jalan lemes, giliran punya duit jalan ngegang. Betul apa betul? Iya!

Ada dosa yang kita tidak niati terjadi. Lagi nyapu depan rumah, orang lewat depan rumah tinggi, jangkung, kurus, tipis. Mulutnya diem, hatinya bicara, masyaallah tuh tiang listrik lewatt. Ngga lama satu jam lewat lagi orang pake treining gemuk, grueng grueng. Hatinya bicara lagi, ya allah buntelan kentut lewaat. Orang semua salah, yang bener Cuma dia.

Lagi begini bisa ngga berbuat dosa, bisaa! Kalo kita kurang niat. Makannya datang ke tempat seperti ini niatnya banyakin. Yang pertama niat karena cinta allah, yang kedua cinta rosullullah, yang ketiga meninggikan agama allah, emapat nyari berkah bersama, lima baru nyari ilmu. Insya? Allah.. supaya apa? Hatinya bersih dari penyakit-penyakit haa? Tii.

Yang kedua tahalli. Apa itu? Isi dengan? Sifat-sifat baik. Dermawan, qanaah. Tau qanaah? Nerima semua pemberian Allah. Sabarr, sabar dihina orang, sabar dipuji orang. Betul ngga? Berapa banyak orang yang sabar kena musibah, berapa banyak orang-orang yang tidak sabar ketika dapet nikmat? Na’udzubillahmin? Dzalik.

Yang ketiga tajalli, bulan perjuangan, apa itu tajalli? Menampakkan, ibadah kepada Allah, menyatu dengan Allah. Saya tanya sebelum saya lanjut nih semua yang hadir, mau idhul fitri apa lebaran? hee, mentang-mentang basa arab milihnya yang basa arab. Kalo milihnya idhul fitri sebulan penuh dijadikan perjuangan. Ramadhan puasanya sempurna. Dijaga mata, hati, telinga, kaki bahkan seluruh jiwa raganya. Kemudian dijaga sholat tarawehnya. Biasanya anak muda nih kerjaannya kalo sholat tarling, teraweh keliling. Tahajudnya dikerjain, baca qur’annya, insya? Allah. Iya!

Sebulan dia beribadah siang jadi malam, malam jadi siang, hebat betul. Malam 1 syawal takbir, paginya sholat id, kemudian ia menta maaf, itu nama ber-idul? Fitrii.. mulai jadikan romdhan tahun ini ramadhan terbaik dalam hidup kita. Inya? Allah.

Syair mengatakan, ramadhan datang, alampun riang, menyambut bulan yang berkah. Umat berdendang, kumandang adzan, pertanda hati yang senang.

Trimakasih, mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Wallahu muafik ila ‘aquamithorik, Wassalamu’ alaikum wr. wb.............

0 Response to "Contoh Teks Pidato Bertema Ramadhan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers