Latest Updates

POST vs GET

Bagi anda yang sudah terbiasa membuat form dalam HTML pasti sudah sering melihat kode yang tersusun dalam sebuah form, termasuk atribut form yang digunakan. Salah satu atribut yang digunakan dalam form adalah method. Atribut method bisa diberi nilai dengan POST atau GET. Apa perbedaan keduanya dan apa kekurangan serta kelebihanya??

Secara mendasar fungsi POST digunakan untuk mengirimkan data ke server, sedangkan GET digunakan untuk mengambil data dari server. Secara teknis GET diproses lebih sederhana karena permintaan dikirimkan melalui alamat halaman (URL) dengan sistem penulisan secara berpasangan yaitu nama varibel dan nilainya, dan pemisahan variabel menggunakan karakter dan &.

Contoh :
http://www.zainalhakim.web.id/index.php?nama=zainal&alamat=jalan&telp=8388383
 
Dengan menggunakan metode GET, HTTP Client bisa mengambil informasi dari server dengan mengirimkan data melalui URI walaupun bisa juga dengan form yang menggunakan metode GET.

Sedangkan pengiriman data dengan POST lebih tertutup dan jauh lebih aman karena data yang dikirimkan tidak terlihat. Metode POST digunakan untuk mengirimkan data dari HTTP Client untuk diproses di HTTP Server, kemudian HTTP server memberikan hasil dari proses tersebut ke HTTP Client. Data yang dikirimkan dengan metode POST disertakan pada baris permintaan (body of request) bukan pada URI. Dan hasil dari permintaan dengan metode POST ini tidak bersifat cacheable.

0 Response to "POST vs GET"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers