Latest Updates

Penanganan Form

Form inputan dibuat dengan tag-tag HTML. Halaman yang mengandung form murni (tidak ada script php) tidak harus disimpan dalam bentuk php, bisa dalam bentuk html.

Untuk merancang sebuah form inputan, setidaknya ada 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu :
  • METHOD
Method dari sebuah form menentukan bagaimana data inputan form dikirim. Method ini ada dua macam, yaitu GET dan POST. Method ini menentukan bagaimana data inputan dikirim dan diproses oleh PHP.
  • ACTION
Action dari sebuah form menentukan dimana data inputan dari form diproses. Jika action ini dikosongkan, maka dianggap proses form terjadi di halaman yang sama. Jadi halaman form dan halaman proses bisa saja dipisah atau dijadikan satu.
  • SUBMIT BUTTON
Submit button merupakan sebuah tombol (pada umumnya) yang berfungsi sebagai trigger pengiriman data dari form inputan. Jika tombol ini ditekan, maka data form akan dikirimkan (diproses) di halaman yang sudah ditentukan pada atribut action.

Berbagai Cara Penanganan Form

Cara 1 : Menyatukan antara Form dan Proses
Proses pengolahan form dilakukan di halaman yang sama dengan form inputannya. Jika proses penanganan form berada di satu halaman, maka value atribut action pada tag form tidak perlu diisi (dikosongkan).
Program 4.1
Nama File : input01.php
Deskripsi : Program Contoh pengolahan form dimana antara form inputan dan proses pengolahan inputan berada dalam satu halaman.
 

Cara 2 : Memisahkkan antara Form dan Proses
Proses pengolahan form dilakukan di halaman yang terpisah dengan form inputannya. Jika proses penanganan form berada dilakukan di halaman yang berbeda, maka value atribut action pada tag form harus diisi dengan alamat halaman tempat proses pengolahan form.
Program 4.2
Nama File : input02.php
Deskripsi : Program menampilkan form inputan dengan method POST
 

0 Response to "Penanganan Form"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers