Latest Updates

Pengujian DNS Server

Pengujian merupakan bagian penting dari pengembangan server DNS. Ini berguna untuk mengetahui bekerja atau tidaknya server DNS yang telah dibangun. Hasil akhir yang diberikan oleh pengujian ini haruslah mendekati target yang diharapkan diawal pengembangan server DNS, sehingga tujuannya dapat tercapai.

Test apakah DNS Server tersebut berhasil atau tidak, dengan perintah nslookup dari komputer Server ataupun dari komputer client.
nslookup smkn1gmb.net
Server: 192.168.3.153
Address: 192.168.3.153#53
Name: smkn1gmb.net
Address: 192.168.3.153

Perintah tersebut digunakan untuk mengetahui IP Address dari smkn1gmb.net Pada sisi klien pengujian ini dapat dilakukan dengan menggunakan program-program klien yang memanfaatkan resolver yang ada di sistem operasinya untuk mencari domain tertentu yang telah didaftarkan di server.
 
Nslookup merupakan salah satu aplikasi klien yang dapat digunakan untuk menguji server DNS yang telah dibangun. nslookup merupakan program bawaan sistem operasi, sehingga tidak perlu ada intalasi lagi.

Selain penggunaan program nslookup, alamat IP server DNS juga harus didaftarkan pada komputer klien, sehingga resolver dapat bekerja mencari domain.

0 Response to "Pengujian DNS Server"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers