Latest Updates

BashBourne Again Shell (Bash)

BashBourne Again Shell (Bash) dibuat untuk digunakan dalam proyek GNU. ProyekGNU dimulai oleh Richard M Stallman untuk membuat sistem operasi yang kompatibel dengan UNIX dan menggantikan seluruh utilitas UNIX komersil dengan yang bebas didistribusikan.

Bash, yang ditujukan menjadi shell standar sistem GNU, secara resmi "lahir" pada hari Minggu, 10 Januari 1998. Brian Fox menulis versi awal bash dan readline dan terus memperbaikinya hingga tahun 1993. Di awal tahun 1989, Chet Ramey bergabung, dan kini ia adalah pemelihara resmi bash dan terus membuat peningkatan-peningkatan lebih lanjut.

Bash kini semakin populer, karena ia umumnya disertakan dalam setiap sistem operasi UNIX. Sebagai tambahan pada kompatibilitasnya dengan shell Bourne, Bash juga menyertakan fitur-fitur terbaik shell C dan Korn, dan juga beberapa fitur unik yang dimilikinya.

Mode edit pada perintah baris bash adalah sebuah fitur yang cenderung menarik orang untuk menggunakannya. Dengan edit perintah baris, lebih mudah untuk kembali dan membetulkan kesalahan atau memodifikasi perintah-perintah sebelumnya.

Fitur utama bash lainnya adalah ditujukan bagi user interaktif yaitu kendali perintah (job control). Kendali perintah memberikan anda kemampuan untuk memulai, menghentikan dan berhenti sejenak (pause) sejumlah perintah di waktu yang bersamaan. Fitur ini dipinjam dari shell C.

Keunggulan-keunggulan penting lain bash umumnya ditujukan bagi programmer atau orang yang hobi mengkustomisasi shell. Bash menyertakan banyak pilihan dan variabel baru untuk kustomisasi, dan fitur pemrogramannya telah sangat diperbaiki untuk menyertakan definisi fungsi, lebih banyak kendali struktur, aritmatika integer, kendali I/O tingkat tinggi, dan lain-lain.

Untuk mencari tahu shell yang sedang digunakan, dapat diberikan perintah berikut: echo $SHELL
Jika belum menggunakan bash dan ingin menggunakannya, pertama-tama harus diketahui apakah sudah terdapat bash pada sistem. Ketikkan bash. Jika diperoleh prompt dollar ($), maka bash telah terpasang pada sistem, ketikkan exit untuk kembali ke shell normal.

Jika didapatkan pesan "not found", kemungkinan bash belum terpasang pada sistem. Untuk memasangnya diperlukan hak akses sebagai administrator atau root.

Untuk menjadikan bash sebagai shell normal (default), berikan perintah berikut: $ chsh <lokasi_bash>
 
lokasi_bash bisa dicari dengan menggunakan perintah which bash. Jika berhasil, pada login berikutnya shell normalnya adalah bash.

0 Response to "BashBourne Again Shell (Bash)"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers