Latest Updates

Pengertian Teknologi RAID dan SMART Pada Harddisk

  • RAID (Redudancy Array of Independent Disk)
RAID adalah teknologi penggabungan beberapa harddisk yang oleh sebuah operating system komputer dianggap menjadi satu harddisk. Konsep ini pertama kali didefinisikan oleh David A.Petterson, Garth A.Gibson dan Randy Katz dari University of California, Berkeley pada tahun 1987.
Keuntungan teknologi RAID adalah peningkatan kecepatan akses pada harddisk. Dengan menggantikan harddisk besar dengan beberapa harddisk kecil maka dimingkinkan pembacaan data secara paralel pada masing-masing harddisk. RAID diibaratkan sebuah database harddisk yang menghasilkan data secara paralel sesuai dengan index pengamatan harddisk.
  • S.M.A.R.T (Self Monitoring, Analysis dan Reporting Technology)
SMART adalah teknologi monitoring kinerja harddisk. Dengan SMART maka harddisk mampu mendeteksi adanya error dan melaporkan error ini kepada system. SMART pertama kali dipelopori oleh COMPAQ, namun kini hamper semua mengunakan teknologi SMART.
Keuntungan penggunaan SMART ini adalah adanya peringatan dini terhadap ketidak normalan yang terjadi pada harddisk sehingga pengguna dapat melakukan tindakan preventif seperti memback-up data.

0 Response to "Pengertian Teknologi RAID dan SMART Pada Harddisk"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini