Latest Updates

Kustomisasi Lingkungan Shell dan Bash

Sinonim untuk shell UNIX atau untuk interface sembarang program komputer adalah sebuah environment. Environment biasanya merupakan kumpulan konsep yang menyatakan hal-hal yang dilakukan komputer dalam bidang yang dapat dimengerti dankoheren, dan sebuah tampilan dan rasa yang nyaman.

Sebagai contoh, meja kerja adalah sebuah environment. Konsep-konsep yang ada dalam meja kerja biasanya adalah memo, panggilan telpon, surat, formulir, dsb. Tool yang biasa ada adalah kertas, staples, amplop, pen, telpon, kalkulator, dsb. Setiap benda ini memiliki karakteristik yang menyatakan bagaimana menggunakan mereka. Karateristik tersebut berkisar dari lokasi pada meja hingga ke hal yang lebih canggih seperti nomor apa yang disimpan pada tombol memori telpon.
 
Kustomisasi tampilan dan rasa lingkungan kerja dilakukan dengan menaruh pulpen di tempat yang mudah dijangkau, memprogram tombol telpon, dsb. Secara umum, semakin banyak kustomisasi yang dilakukan, semakin sesuai dengan kebutuhan pribadi, dan karenanya menjadi lebih produktif.
 
UNIX shell juga memiliki karakteristik yang hampir sama dengan meja kerja. Namun tampilan dan rasa lingkungan UNIX ditentukan dengan keyboard dan tampilan, juga dengan cara bagaimana mensetup direktori, di manatempat menaruh file, dan nama apa saja yang digunakan untuk file, direktori, dan perintah.
 
Bash menyediakan beberapa fitur untuk mengkustomisasi lingkungan kerja bash:
  • File khusus, seperti “.bash_profile”, “.bash_logout”, dan “.bashrc” yang dibaca oleh bash ketika anda login atau memulai shell baru.
  • Alias. Sinonim untuk perintah atau string perintah yang dapat didefinisikan untuk kemudahan.
  • Option. Mengendalikan berbagai aspek lingkungan shell.
  • Variabel. Nilai-nilai yang dapat diubah yang diacu dengan sebuah nama.
 Kustomisasi Lingkungan Shell dan Bash 

0 Response to "Kustomisasi Lingkungan Shell dan Bash"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers