Latest Updates

Pengertian Shel, Macam-Macam Shel dan Cara User Berkomunikasi Dengan Kernel Melalui Shell

Shell, dalam komputer adalah salah satu jenis program bawaan sistem operasi (seringnya merupakan program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi. Begitu juga dalam linux shell merupakan interface atau antar mukayang menghubungkan antara user dengan kernel.
Perlu diingatkan bahwa shell tidak selalu berupa interface berbentuk teks tapi juga dapat berbentuk interface grafik. Shell tradisional dari linux adalah berupa teks atau sering disebut juga command line interface.
Pengertian Shel, Macam-Macam Shel dan Cara User Berkomunikasi Dengan Kernel Melalui Shell

Macam-macam shell pada linux:
  • The Bourne shell (sh)
SH adalah shell standar Unix yang dibuat tahun 1979 oleh Stephen Bourne dari AT&T dengan memakai bahasa pemrograman Algol. sh terkenal karena sederhana, compact, and cepat. Kelemahannya adalah kurang interkatif seperti tidak ada history, aliasing, dan job control. Default prompt shell sh adalah $ (dolar)
  • C shell (csh)
CSH memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan sh. Shel ini dibuat tahun 1970 oleh Bill Joy dari University of California at Berkeley dengan menggunakan bahasa C.
Fitur yang terdapat dalam csh antara lain command-line history, aliasing, built-in arithmetic, filename completion, dan job control. Kelemahnnya adalah karena didesain untuk mesin skala besar dan memiliki banyak fitur maka shel ini cenderung lambat bila digunakan pada mesin kecil
Default prompt shell csh adalah % (persen)
  • Korn Shell (ksh)
Korn shell merupakan pengembangan dari bourne shell yang ditulis oleh David Korn dari AT&T pada pertengahan 1980an. fitur Korn shell antara lain editable history, aliases, functions, regular expression wildcards, built-in arithmetic, job control, coprocessing, dan special debugging.
Default prompt shell ksh adalah $ (dolar)
  • The GNU Bourne Again shell (bash)
Bash merupakan default shell Linux yang merupakan pengembangan dari bourne shell sehingga kompatibel juga di Unix. Shell ini dibuat pada tahun 1988 oleh Brian Fox dari FSF GNU. Fitur yang dimiliki bash antara lain interaktif, dapat membuat shortcut, bisa berwarna, dll. Default Bash prompt adalah $ (dolar)
  • TC shell (tcsh)
TC shell merupakan prominent shell untuk Linux yang kompatibel juga di Unix. TC shell compatible dengan csh nya unix dan memiliki fitur yang paling lengkap. Oleh karena itulah shel ini menjadi shell faforitku. Fitu tersebut antara lain command-line editing (emacs dan vi), scrolling the history list, advanced filename, variable, and command completion, spelling correction, job scheduling, automatic locking and logout, time stamps in the history list, dll.
Default C shell prompt adalah > (the greater-than sign)
  • Z shell (zsh)
ZSH berusaha menggabungkan firtur dari bash, tcsh, dan ksh.

0 Response to "Pengertian Shel, Macam-Macam Shel dan Cara User Berkomunikasi Dengan Kernel Melalui Shell"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers