Latest Updates

Pengertian CRT, Disk, DRAM, Drive, EGA, Hard disk, Head, dan Keyboard

  • CRT 
Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer  menggunakan tabung sinar katoda.

  • Disk 
Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengan disk adalah floppy disk atau hard disk.  Sedangkan floppy disk adalah disket. Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.

  • DRAM 
Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi. Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu di refresh secara periodik. Jenis memori ini banyakdigunakan pada bagian memori utama yang digunakan untuk rutin proses.
 
  • Drive 
Pintu, penggerak disk.
  • EGA
Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik.  Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER, dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot)
dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.

  • Hard disk
Media penyimpan data berkapasitas besar.

  • Head 
Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yang berfungsi untuk membaca atau menulis.
 
  • Keyboard
Papan kunci, papan ketik.

0 Response to "Pengertian CRT, Disk, DRAM, Drive, EGA, Hard disk, Head, dan Keyboard"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers