Latest Updates

ADMINISTRASI JARAK JAUH

Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server. Administrasi sistem Linux dapat bermacam-macam diantaranya adalah instalasi aplikasi, update sistem, dan backup data. Di Linux terdapat banyak aplikasi yang memungkinkan user untuk mengakses komputer dari jarak jauh. SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux. Protokol ini digunakan karena memiliki fitur enkripsi data. Ini penting agar kecil kemungkinan dilakukannya penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
ADMINISTRASI JARAK JAUH

OpenSSH merupakan salah satu aplikasi yang menerapkan protokol SSH ini. Melalui aplikasi ini akses ke komputer server dapat dilakukan dari komputer lain dalam mode teks. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, aplikasi server dan klien. Aplikasi server merupakan aplikasi yang memberikan akses terhadap terminal suatu sistem komputer kepada user dari komputer yang berbeda. Sedangkan aplikasi klien adalah aplikasi yang digunakan oleh user untuk mengakses terminal jarak jauh ini (server SSH). Secara default aplikasi ini belum terinstal. Selain dapat digunakan untuk mengakses terminal dari jarak jauh. Protokol SSH ini juga dapat
digunakan untuk berkirim file. Sebagai aplikasi kliennya adalah:
  • ssh, program yang dijalankan melalui terminal di Linux
  • putty, program klien SSH yang dapat dijalankan di command prompt dan juga memiliki tampilan GUI.
  • Aplikasi manajemen file yang telah menyertakan protokol SSH untuk dapat mengakses server SSH, seperti Files, Dolphin dan Nautilus di Linux dan WInSCP di Windows.
Berikut ini merupakan contoh aksesnya menggunakan aplikasi Files di Ubuntu.
ADMINISTRASI JARAK JAUH
ADMINISTRASI JARAK JAUH


Selain contoh diatas, berikut ini merupkan tampilan terminal komputer server yang diakses melalui aplikasi klien ssh.
ADMINISTRASI JARAK JAUH

0 Response to "ADMINISTRASI JARAK JAUH"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers