Latest Updates

PERANGKAT EKSTERNAL/PERIPHERAL

PERANGKAT EKSTERNAL/PERIPHERAL
1.    Peripheral Input
2.    Peripheral Output
3.    Peripheral Storage
4.    Peripheral Input Output

A. PERIPHERAL INPUT
1. Keyboard
Keyboard merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol terdiri atas huruf-huruf, angka-angka,simbol-simbul atau biasa dinamakan karakter serta tombol-tombol fungsi.
Berfungsi memasukan huruf, angka,    karakterkhususserta sebagaimediabagiuser untukmelakukan perintah-perintahlainnyayang diperlukan.

2. Mouse
Mouse merupakan perangkat yang digunakan untuk meng-input-kan data dengan cara menekan tombol klik. Biasanya mouse mempunyai 1 hingga 3 tombol klik dan setiap tombol klik mempunyai peranan yang tersendiri. 
Terdapat  4 aktivitas utama yang bisa dilakukan oleh mouse yaitu ; 
a.    Click atau single click, untuk membuat pilihan tertentu pada layar.
b.    Double click  untuk membuka dokumen atau membuka folder.
c.    Right click, untuk menunjuk arah pada layar komputer.
d.    Drag and Drop, untuk proses pemindahan icon atau item pada layar.
Mouse Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar. 

3.    Barcode Reader
Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode barcode.Barcode dibedakan menjadi 2 (dua) jenis barcode. Yaitu:
  • Barcode 1 (satu) dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. Warna putih untuk nilai 0, dan warna hitam untuk nilai 1.
  • Barcode 2 (dua) dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi sudah seperti gambar. Berfungsi untuk membacasuatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
4. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambaratau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scannerini mirip seperti mesin fotocopy
Scanner terbagi atas beberapa jenis menurut fungsinya:
a.    Memindaitulisandan menyimpannyadalam format teks.
b.    Memindai dan menyimpan dalam format picture.
c.    Memindai warna hitam sepertiyangdilakukan alatperiksakertasujian.
 
5. Webcam
Webcam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. Sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. 


B. PHERIPERAL OUTPUT1. Monitor
Alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut, maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.
Jenis Monitor : CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crsytal Display), LED (Light Emitting Diode).

2. Printer
Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya.
Jenis-Jenis Printer:
  • Dot Matrik
Jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita.Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
  • Ink Jet
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer sepertiCanondan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
  • Laser Jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.


C. PHERIPERAL STORAGE1. External Harddisk
Hard disk eksternal adalah tempat media penyimpanan data berupa tulisan, gambar, software, dll.Hard disk eksternal media penyimpanan yang di hubungan ke PC dekstop atau laptop dengan kabel USB.  Hard disk eksternal ini bersifat portable sehingga mudah untuk di bawa-bawa.
 
2. Flash Disk
Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. Flash disk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive.

3. Disk Drive
Hard drive adalah bentuk penyimpanan permanen, bertentangan dengan memori sementara seperti memori random-akses (RAM).
 

D. PHERIPERAL INPUT OUTPUT1. Modem
Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan mengubah sinyal digital menjadi analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.

2. NIC (Network interface controller)
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Fungsi:
  • Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
  • Mengontrol data flow antar komputer dan sistem kabel.
  • Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel din menerjemahkan ke dalam bit yang di mengerti oleh komputer.

0 Response to "PERANGKAT EKSTERNAL/PERIPHERAL"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers