Latest Updates

Ciri Kalimat Langsung & Tidak Langsung

Kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang disampaikan langsung dengan mengutip kalimat dari sumber sebenarnya. Sementara pengertian dari kalimat tidak langsung adalah kalimat yang disampaikan kembali dari kutipan kalimat seseorang dalam bentuk seperti kalimat berita. Kalimat langsung biasanya sering ditemukan di artikel artikel berita dimana beberapa kalimat didalam artikel tersebut sering mengutip wacana yang disampaikan oleh si narasumber. Sementara itu kalimat tidak langsung sering diucapkan oleh seseorang untuk menyampaikan sebuah berita yang berasal dari orang lain. 

Ciri Ciri kalimat langsung
Dalam sebuah kalimat langsung ditandai dengan adanya tanda petik pada kutipan yang disampaikan. kemudian adanya sebuah kalimat pengiring yang mengikuti kutipan kalimat, susunan dari pengiring dan kutipan bisa saja berada di depan dan di belakang. biasanya intonasi pada kalimat kutipan bernada lebih tinggi dari kelimat pengiring. Jika sebuah kutipan dalam kalimat langsung ada sebuah kata sapaan, maka sesudah kata sapaan akan diikuti dengan sebuah tanda baca koma. nah dari sini kalian sudah mengerti ciri ciri utama dari sebuah kalimat langsung, selanjutnya agar kalian lebih faham lihat contoh dibawah ini :“Selamat pagi, kamu cantik sekali hari ini” sapa andi kepadaku pagi tadi. (Pada kalimat yang diberikan tanda petik di awal dan akhir kalimat adalah kutipan langsung dari orang lain, dan kemudian diikuti dengan adanya kalimat pengiring yang menjelaskan siapa, kepada siapa, dan kapan kalimat itu disampaikan.)

Ciri Ciri  kalimat tidak langsungCiri ciri dari kalimat tidak langsung adalah kebalikan dari kalimat lansung, diantaranya adalah ditandai dengan tidak adanya tanda petik pada kalimat, intonasi pengucapan mengecil seiring dengan berakhirnya kalimat. bagian dari kutipan diubah menjadi bentuk kalimat berita. dan didalam kalimat tidak langsung terjadi adanya perubahan untuk kata ganti, seperti kata ganti orang pertama diganti menjadi kata ganti orang ketiga. untuk lebih jelasnya silahkan kalian lihat contoh kalimat dibawah ini.
Ayah mengatakan kepada saya bahwa saya adalah anak yang pintar.

0 Response to "Ciri Kalimat Langsung & Tidak Langsung"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers