Latest Updates

Teks Eksplanasi - Faktor Penyebab Kemiskinan

Faktor Penyebab Kemiskinan

Kemiskinan adalah tingkat masyarakat dengan pendapatan yang rendah. Dengan pendapatan yang rendah masyarakat tidak mempu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan, minum, pakaian, tempat berlindung, dan pendidikan. Biasaya masyarakat miskin cenderung bertempat tinggal dibantaran kali, bawah jembatan, dan tempat-tempat yang justru bukan tempat layak mendirikan bangunan. Terkadang justru mereka membangun tempat tinggal di atas tanah milik negara. Kemiskinan tidak hnaya menjadi fenomena yang terjadi di Indonesia, tetapi juga menjadi fenomena yang terjadi hampir di seluruh dunia. Banyak negara berkembang yang juga memiliki permasalah yang sama tentang kemiskinan seperti negara Indonesia.

Faktor Internal. Faktor- faktor internal ( dari dalam diri individu atau keluarga ) yang menyebabkan terjadinya kemiskinan antara lain berupa kekurangmampuan dalam hal:
  1. Perilaku manusia yang konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan keuangan yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Jumlah keluarga juga dapat mempengaruhi jika pemasukan tidak sebanding dengan kebutuhan untuk semua keluarga.
  2. Faktor turun temurun. Orangtua yang miskin akan besar kemungkinan untuk tidak dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka sehingga anak-anak mereka pun akan sulit menjamah pendidikan. Dengan demikian, generasi kebodohan dan kemiskinan akan mudah saja menjadi turun kegenerasi dalam keluara miskin.
  3. Faktor gengsi adalah faktor yang juga termasuk ke dalam faktor perilaku pribadi. Masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan pokok. Rokok, Hp, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang yang didapat selama bekerja. Sehingga, uang yang masuk tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
  4. Keterbatasan pengetahuan
    Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap daerah, dimana keberhasilan pembangunan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan penduduknya. Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan dasar (basic need) bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan taraf kehidupannya.
  5. Keterbatasan modal usaha
    Untuk menanggulangi kemiskinan, kaum miskin perlu diberi kesempatan dan kepercayaan untuk mendapatkan pinjaman. Hanya saja mereka sulit berhubungan dengan bank, karena tidak memiliki agunan.
  6. Kurang potensialnya jenis pekerjaan yang dimiliki
    Keterbatasan pengetahuan menyebabkan rumah tangga miskin melakoni jenis pekerjaan yang relatif kurang potensial. Keterbatasan mengakses lapangan pekerjaan yang menjanjikan serta banyaknya masyakarakat yang bekerja pada lapangan kerja yang kurang produktif berakibat pada rendahnya pendapatan.
Faktor eksternal. Faktor –faktor eksternal (berada diluar individu atau keluarga) yang menyebabkan terjadinya kemiskinan, antara lain :
  1. Kurangnya perhatian pemerintah. Selain masalah keterbatasan pengetahuan, modal usaha, dan lapangan pekerjaan, kemiskinan disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana
  2. Ketergantungan pada alam. Rumah tangga miskin sangat rentan terhadap perubahan pola pemanfaatan sumber daya alam dan pemanfaatan lingkungan . Merekan sangat tergantung pada alam sebagai sumber penghasilan. Sehingga, jika alam berubah musim, mereka akan sulit mendapatkan penghasilan (seperti petani dan nelayan).
  3. Terbatasnya lapangan pekerjaan. Orang-orang yang tidak mempunyai keahlian khusus sangat bergantung pada lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah. Namun sebaliknya, lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah terbatas jumlahnya, sehingga banyak orang yang menganggur dan akhirnya jatuh miskin.

0 Response to "Teks Eksplanasi - Faktor Penyebab Kemiskinan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers