Latest Updates

Evolusi dan Perkembangan Sistem Operasi

  • Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal ini disebabkan kecepatan manusia untuk menghitng terbatas dan manusia sangat mudah membuat kecerobohan, kekeliruan, bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi intruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

  • Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu job yang dekerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya sistem operasi adalah FMS dan IBSYS.

  • Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

  • Generasi Keempat (pasca 1980-an)
Dewasa ini, sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini, para pengguna juga telah dinyatakan dengan Graphical User Interface  yaitu antar muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat pada satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

0 Response to "Evolusi dan Perkembangan Sistem Operasi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini