Latest Updates

Apakah Perbedaan Hormon Giberelin dan Auksin sebagai Zat Tumbuh Tanaman!

Apakah Perbedaan Hormon Giberelin dan Auksin sebagai Zat Tumbuh Tanaman! - Giberelin atau yang disebut juga sebagai asam giberelat adalah semua anggota kelompok hormon tumbuhan yang memiliki fungsi yang serupa atau terkait dengan bioassay GA1. GA hadir pada hampir sepanjang hidup tumbuhan dan diketahui mengatur perkecambahan, pemanjangan batang, pemicuan pembungaan, perkembangan kepala sari (anther), perkembangan biji dan pertumbuhan perikarp. Selain itu, fitohormon ini juga berperan dalam tanggapan terhadap rangsang melalui regulasi fisiologis yang terkait dengan mekanisme biosintesisnya.

Giberelin ditemukan pada Giberella fujikuroi, yaitu jenis jamur parasit pada tanaman padi. Hormon ini ditemukan pertama sekali di Jepang.

Berikut ini perbedaan Giberelin dengan auksin:
  1. Hormon auksin hanya merangsang pembesaran sel, sedangkan hormon giberelin merangsang pembelahan sel. Terutama untuk merangsang pertumbuhan primer.
  2. Hormon giberelin mempengaruhi perkecambahan dan mengakhiri masa dorman biji, sedangkan hormon auksin tidak
  3. Giberelin dapat bergerak ke dua arah sedangkan auksin hanya ke satu arah. 
Giberelin berfungsi untuk menggiatkan pembelahan sel, mempengaruhi pertumbuhan tunas, dan mempengaruhi pertumbuhan akar.

Giberelin pada tumbuhan dapat ditemukan dalam dua fase utama yaitu giberelin aktif (GA bioaktif) dan giberelin nonaktif. Giberelin yang aktif secara biologis (GA bioaktif) mengontrol beragam aspek pertumbuhan dan perkembangan tanaman, termasuk perkecambahan biji, batang perpanjangan, perluasan daun, dan bunga dan pengembangan benih. Hingga tahun 2008 terdapat lebih daripada seratus GA telah diidentifikasi dari tanaman dan hanya sejumlah kecil darinya, seperti GA1 dan GA4, diperkirakan berfungsi sebagai hormon bioaktif.

Giberelin pertama kali dikenali pada tahun 1926 oleh seorang ilmuwan Jepang, Eiichi Kurosawa, yang meneliti tentang penyakit padi yang disebut "bakanae". Hormon ini pertama kali diisolasi pada tahun 1935 oleh Teijiro Yabuta, dari strain cendawan Gibberella fujikuroi. Isolat ini lalu dinamai gibberellin.

0 Response to "Apakah Perbedaan Hormon Giberelin dan Auksin sebagai Zat Tumbuh Tanaman!"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers