Latest Updates

Sejarah dan Biografi Raden Ajeng Kartini


21 April merupakan hari peringatan bagi  sosok perempuan yang sangat kuat dalam tekadnya untuk mendapatkan keadilan bagi kaum perempuan di Indonesia, yang pada saat itu perempuan Indonesia hanya sebagai  peangikut pria, dan derajatnya berada jauh di bawah pria. Perempuan pada saat itu tidak memilki kebebasan untuk melakukan sesuatu apapun untuk mencirikan diri mereka sebagai perempuan. Tapi pada saat itu, munculah sosok kartini yang tangguh dan memiliki tekad kuat untuk mengubah perempuan Indonesia agar memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Dan perjuangan kartini pun tidak sia-sia, ia berhasil merubah peran para perempuan di negeri ini.

Inilah sejarah singkat Raden Ajeng Kartini.....
Raden Ajeng Kartini di lahirkan di Jepara pada Tanggal 21 April 1879.beliau adalah puteri dari seorang Bupati Jepara pada waktu itu, yaitu Raden Mas Adipati Sastrodiningrat. dan merupakan cucu dari Bupati Demak, yaitu Tjondronegoro. Pada waktu itu Kelahiran Raden Ajeng Kartini, nasib kaum wanita penuh dengan kegelapan dan tidak lebih dari perabot kaum laki-laki belaka, dan bertugas tidak lain dari yang sudah di tentukan secara alamiyah, yaitu mengurus, dan mengatur rumah tangga saja, kaum wanita telah di rampas dan di injak-injak harkat dan martabatnya sebagai manusia.
Daya pikir manusia tidak dapat berkembang sebagai mana mestinya, kaum wanita tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan dirinya untuk melebihi dari apa yang diterimanya dari alam. karena kaum wanita tidak diberi kesempatan untuk belajar membaca, menulis, belajar, dan sebagainya. dengan kata lain kaum wanita hanya mempunyai kewajiban, tetapi tidak mempunyai hak sama sekali.
Raden Ajeng Kartini yang telah menginjak dewasa pada saat itu, dan beliau tidak dapat melihat kenyataan ini meskipun beliau dilahirkan di dalam lingkungan di tengah-tengah kebangsawanan dan keningratan yang pada waktu itu mempunyai taraf kehidupan sosial yang sangat berbeda dengan masyaratak yang banyak hidup di dalam lingkungan kehidupan ada yang sangat mengekang kebebasan. tetapi, beliau tidak segan-segan turun kebawah bergaul dengan masyarakat biasa, untuk mengembangkan ide dan cita-citanya  yang hendak merombak status sosial kaum wanita dan cara - cara kehidupan di masyarakat dengan semboyan, " kita harus membuat sejarah, kita mesti menentukan masa depan kita yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita sebagai kaum perempuan serta harus mendapatkan pendidikan yang cukup seperti halnya kaum laki - laki ".
Dengan melanggar segala aturan - aturan adat yang ada pada saat itu, R.A Kartini mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya setara dengan pendidikan kaum penjajah belanda pada waktu itu, beliau sempat mempelajari kegiatan - kegiatan kewanitaan lainnya. dengan pengetahuan serta pengalaman yang didapatnya, R.A Kartini secara berangsur - angsurdan setahap demi setaha tapi pasti berusaha menambah pengetahuan yang layak bagi kaum perempuan.
Perkawinan R.A Kartini pada tahun 1903 dengan Raden Adipati Joyoningrat, Bupati Rembang mengharuskan beliau mengikuti suaminya, dan di daerah inilah beliau gigih meningkatkan kegiatannya dalam dunia pendidikan. peranan suami dalam usaha R.A Kartini  meningkatkan perjuangan sangat menentukan pula karena dengan dorongan dan bantuan suaminyalah beliau dapat mendirikan sekolah kepandaian puteri dan disanalah beliau mengajarkan tentang kegiatan wanita, seperti belajar jahit menjahit serta kepandaian puteri lainnya.
Usaha - usaha R.A Kartini dalam meningkatkan kecerdasan untuk bangsa indonesia dan kaum perempuan khususnya khususnya melalui sarana - sarana pendidikan dengan tidak memandang tingkat dan derajat, apakah itu bangsawan atau rakyat biasa. semuanya mempunyai hak yang sama dalam segala hal, dan bukan itu saja karya - karya beliau, persamaan mempunyai hak yang sama antara kaum perempuan dan laki-laki. beliau juga mempunyai keyakinan bahwa kecerdasan rakyat untuk berfikir, tidak akan maju jika kaum perempuan ketinggalan. inilah perjuangan R.A Kartini yang telah berhasil menampakan kaum perempuan di tempat yang layak, yang mengangkat derajat wanita dari tempat gelap ketempat yang terang benerang. sesuai dengan karya tulis beliau yang terkenal. yaitu,                   " Habis Gelap Terbitlah Terang ".
R.A Kartini meninggal dunia dalam usia 25 tahun, beliau pergi meninggalkan bangsa Indonesia dalam usia yang ralatif muda, yang masih penuh dengan cita-cita perjuangan dan daya kreasi yang melimpah. tetapi apa yang telah di berika beliau kepada bangsa indonesia akan tetap berkumandang di negeri ini, khususnya bagi para permpuan yang menjadi penerus kartini yang lalu.
R.A Kartini adalah Pahlawan Wanita Indonesia, namanya harum dan akan selalu dikenang oleh bangsa indonesia, khususnya oleh para perempuan indonesia. karena majunya perempuan indonesia saat ini adalah berkat perjuangan R.A Kartini. denga tekad agar perempuan indonesia bisa mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria.  dan dengan mengetahui dan mengingat kembali sosok R.A Kartini, harapan penlis adalah supaya perempuan indonesia saat ini bisa lebih maju dan berkembang lagi. dan supaya perempuan indonesia juga tetap mempunyai semangat seperti sosok R.A Kartini.

0 Response to "Sejarah dan Biografi Raden Ajeng Kartini"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers