Latest Updates

Jelaskan Pengertian dan Sebutkan Fungsi Dari Komponen Komputer!

Jelaskan Pengertian dan Sebutkan Fungsi Dari Komponen Komputer! - LGA (Land Grid Array) adalah tipe koneksi pada prosesor yang tidak memiliki pin sama sekalisebagaimana PGA, tetapi tipe LGA ini memiliki landasan untuk koneksi dengan pin-pin yang yang terdapat padasoket prosesor dimotherboard.

Port merupakan satu set perintah yang digunakan oleh komputer untuk memindahkan data dari atau ke perangkat lain, misalnya untuk berhubungan dengan keyboard, mouse, printer, modem, monitor dan sebagainya. Fungsi: power supply (sebagai sumber listrik), serial port (mengirimkan satu bit per satuan waktu), parallel port (menghubungkan printer parallel dan zip drive).

RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer.

Socket adalah interface pada jaringan yang menjadi titik komunikasi antarmesin pada Internet Protocol, dan tentunya tanpa komunikasi ini, tidak akan ada pertukaran data dan informasi jaringan. Fungsinya untuk tempat dudukan prosesor pada motherboard.

Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC). Chipset pada vidio card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan chipset pada madherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer.

Southbridge adalah salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain. Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja antara peripheral-peripheral/perangkat semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.

Northbridge adalah salah satu dari dua chip dalam core logika chipset pada Motherboard PC. Fungsinya adalah penghubung antara CPU ke Sistem memori dan Graphic Controller (AGP & PCIe) dan ada hubunganya dengan saudaranya yaitu Chipset Southbridge.

PGA (Pin Grid Array), adalah tipe koneksi (kaki-kaki mikroprosesor) yang secara fisik berupa deretan pin yang tersusun teratur sedemikian rupa, yang didesainkan pada mikroprosesor untuk dipasangkan pada soket yang sesuai yang ada pada motherboard.

Power Supply adalah sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnya. Fungsinya untuk menyuplai tenaga atau tegangan listrik sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current).

Fan adalah salah satu kelengkapan pada komputer. Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem.

LCD (Liquid Crystal Display) merupakan Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. LCD berfungsi menampilkan suatu nilai hasil sensor,menampilkan teks,atau menampilkan menu pada aplikasi mikrokontroler.

TFT (Thin Film Transistor) adalah sebuah tampilan visual elektronik yang dapat mendeteksi keberadaan dan lokasi sebuah sentuhan dalam area layar.

Optical Drive adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Fungsinya adlah reading (membaca) atau writing (menulis) data ke atau dari Optical Drive.

Heatsink adalah sebuah logam (terbuat dari aluminium atau tembaga) yang menempel di atas sebuah chip melalui perantara krim yang disebut dengan thermal grease. Fungsinya adalah untuk menyebarkan panas yang dihasilkan oleh chip yang ada di bawahnya ke udara di sekitarnya atau untuk mendinginkan chip tersebut.

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer atau disebut juga otaknya komputer. Fungsinya adalah untuk memproses data yang diterima dari input, kemudian akan menghasilkan atau output.

Magnetic Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic yang bisa menghasilkan medan magnet yang diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut. Fungsinya untuk proses baca tulis dari suatu memory.

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semi) adalah conductor RAM kecil berukuran 4 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. Fungsinya untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

BIOS (Basic Input Output System) merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. Fungsinya untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, Keyboard dan Mouse dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

0 Response to "Jelaskan Pengertian dan Sebutkan Fungsi Dari Komponen Komputer!"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers