Latest Updates

Jelaskan Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi pada Manusia

Jelaskan Fungsi Paru-Paru sebagai Alat atau Organ Ekskresi pada Manusia! - Paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi dalam tubuh manusia, oleh karena itu, paru-paru memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam diri manusia. Manusia memiliki sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru tersebut memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan yang berhubungan erat dengan sistem ekskresi. Dengan bernapas, kamu mengambil O2 dari udara dan mengeluarkan CO2 dan H2O.

Sisa metabolisme di jaringan berupa karbon dioksida dan air diangkut oleh darah ke paru-paru untuk dibuang dengan cara difusi di alveolus. Di alveolus banyak pembuluh kapiler yang memiliki selapis sel sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

Paru-paru adalah organ tubuh manusia yang terdapat di dalam dada. Paru-paru berfungsi untuk memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Paru-paru merupakan organ dalam sistem pernafasan. Paru-paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah dengan bantuan hemoglobin. Proses ini dikenali sebagai respirasi atau pernafasan.

Paru-paru terletak di dalam rongga dada (thoracic cavity), dilindungi oleh struktur tulang selangka dan diliputi dua dinding yang dikenal sebagai pleura. Kedua lapisan ini dipisahkan oleh lapisan udara yang dikenal sebagai rongga pleural yang berisi cairan pleural.

Sebagai alat ekskresi manusia, paru-paru bekerja pada saat manusia menghembuskan napas, yaitu mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.

1 Response to "Jelaskan Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi pada Manusia"

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers