Latest Updates

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk

Harddisk merupakan media yang berfungsi menyimpan data utama pada komputer. Sebelum menggunakan harddisk untuk menyimpan program atau pun data, harus dibuat partisi terlebih dahulu. Partisi harddisk berarti membagi ruangan harddisk. Biasanya harddisk dibagi satu atau dua partisi. Ada beberapa cara mempartisi harddisk, salah satunya menggunakan aplikasi FDISK.
FDISK adalah program berbasis DOS yang berfungsi:
• Membuat partisi harddisk
• Mengaktifkan partisi harddisk
• Melihat informasi partisi harddisk
• Menghapus partisi harddisk

Untuk melakukan partisi pada harddisk, dapat diikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Siapkan media bootable yang berisi sistem operasi DOS yang berisi fdisk.exe (dapat berupa floppy atau bootable CD-ROM).
2. Lakukan booting hingga muncul command prompt.
3. pada command prompt ketikkan FDISK [Enter].
4. fdisk akan menampilkan pertanyaan sebagai berikut:

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
5. ketikkan [Y] dan tekan enter maka akan ditampilkan menu opsi FDISK sebagai berikut:
 
Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
6. Pilih menu nomor 1. Create Primary DOS Partition or Logical Disk Drive, untuk mempartisi harddisk, menu nomor 2. Set active partition, untuk mengeset aktifkan partisi (Biasanya drive yang di set aktif adalah C), menu nomor 3. Delete partitionor Logical DOS Drive, untuk menghapus partisi harddisk. menu nomor 4. Display partition information, untuk melihat partisi yang ada di harddisk.
7. Pilih menu nomor 1. Create Primary DOS Partition or Logical Disk Drive, untuk mempartisi Harddisk.

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
8. Kemudian pilih Create Primary DOS Partition (Menu No. 1). Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih menggunakan seluruh kapasitas harddisk sebagai primary atau tidak. Apabila anda memilih [Y] maka harddisk akan dipartisi 1 yaitu sebagai primary dan proses partisi sudah selesai, selanjutnya anda diminta melakukan restart.

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
 Apabila anda memilih [N] maka komputer akan meminta anda mengisikan besarnya kapasitas untuk partisi primary. Nilai dapat diisikan dalam Megabyte atau persen. Sebagai contoh kapasitas harddisk adalah 10 Gbyte dan partisi primary 30 % maka sisanya adalah extended yaitu 70 %.
9.Kemudian pilih Create Extended DOS Partition (menu No. 2). Tentukan besarnya nilai extended partition baik dalam Megabyte ataupun dalam persen.
10. Selanjutnya proses berjalan sendiri, anda diminta untuk mengisikan besarnya nilai partisi logical hingga mencapai 100 % dari besarnya nilai partisi extended. Sebagai contoh besarnya extended adalah 70% dari 10 Gb = 7 Gb, dan ingin dibuat dua logical maka besarnya adalah 50% dan 50% atau masing-masing adalah 3,5 Gb. Dapat juga dilakukan dengan pilih Create Logical DOS Drive(s) in the Extended DOS Partition.

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
11. Setelah Partisi selesai dibuat, lakukan booting untuk mengaktifkan partisi tersebut.
12. Untuk menghapus partisi dapat dilakukan dengan cara memasuki menu fdisk option kembali.
13. Jika partisi yang terdapat pada harddisk hanya satu partisi saja, penghapusan partisi dapat dilakukan secara langsung dengan memilih “Delete Dos Partition or Logical DOS Drive”.

Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk
Jika terdapat lebih dari satu partisi maka urutannya adalah harus menghapus logical drive dan extended partition sebelum menghapus primary DOS partition.

0 Response to "Langkah-Langkah Melakukan Partisi Harddisk"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers