Latest Updates

MEMBUAT INISIALISASI

Inisialisasi aturan iptables digunakan untuk membuat kebijakan umum terhadap rantai iptables yang akan di terapkan pada firewall. Kebijakan ini akan di terapkan jika tidak ada aturan yang sesuai. Kebijakan umum yang diterapkan dalam suatu firewall umumnya adalah sebagai berikut:
  • Kebijakan untuk membuang semua paket yang menuju, melintas dan keluar dari firewall. Kebijakan ini akan di terapkan pada paket apabila tidak ada satupun aturan yang sesuai dengan paket tersebut. Kebijakan ini di terapkan dengan memberikan status DROP untuk semua rantai pada tabel filter.
# iptables –p input DROP
# iptables –p forward DROP
# iptables –p output DROP
  • Kebijakan untuk menerima semua paket yang menuju dan meninggalkan perangkat loopback. Kebijakan ini di terapkan dengan memberikan status ACCEPT pada semua paket yang masuk dan keluar perangkat loopback.
# iptables – A INPUT – i lo – j ACCEPT
# iptables – A OUTPUT– o lo – j ACCEPT
  • Kebijakan menerima semua paket sebelum mengalami routing. Kebijakan ini diterapkan dengan memberikan status ACCEPT untuk rantai POSTROUTING dan PREROUTING pada tabel NAT.
 # iptables – t nat – p POSTROUTING – j ACCEPT
# iptables – t nat – p PREROUTING – j ACCEPT

Tentu saja kebijakan umum yang di terapkan untuk suatu sistem sangat tergantung pada pengelolaan jaringan. Kebijakan tersebut tidak harus seperti di atas, tapi dapat disesuaikan dengan keperluan.

0 Response to "MEMBUAT INISIALISASI"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers