Latest Updates

Penjelasan dan Kelebihan dari Format Tabel InnoDB

Format Tabel InnoDB mendukung proses transaksi dengan adanya fasilitas rollback dan commit, dan juga kemampuan untuk memulihkan tabel bila terjadi kerusakan pada tabel tersebut. Mampu melakukan penguncian (locking) pada tingkatan record dan juga mampu membaca pada perintah SELECT yang tidak. Kemampuan-kemampuan tersebut meningkatkan kecepatan dan kinerja penggunaan multi user. InnoDb telah digunakan untuk database yang membutuhkan kinerja sangat tinggi dan berukuran sangat besar. Misal, Mytrix Inc, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang riset statistik di Internet , menggunakan InnoDb untuk mengelola data lebih dari 1 Terabyte (1012 byte), dengan jumlah tabel lebih dari 100.000. Secara keseluruhan jumlah recordnya mencapai lebih dari 20 milyar record. Sebuah bursa saham Paris di Perancis menggunakan InnoDB sebagai solusi databasenya. Pada saat beban kerja sedang sepi, jumlah query yang dilayani mencapai rata-rata 800 proses insert/update per detiknya. Sedangkan pada saat ramai, jumlah query yang dilayani mencapai rata -rata 2.000 proses insert/update per detiknya.

Kelebihan format tabel InnoDB antara lain:
  • Format Tabel InnoDB mendukung transaksi dengan menyediakan fasilitas rollback dan commit.
  • InnoDB merupakan satu-satunya format tabel di dalam MySQL yang mendukung Foreign Key Constraint .
  • Kecepatan InnoDB pada beberapa kasus bahkan melebihi kecepatan format tabel MyISAM. Informasi mengenai kecepatan ini dapat dilihat di halaman benchmark dengan alamat http://www.innodb.com/bench.html.
  • InnoDB memiliki kemampuan melakukan penguncian pada tingkatan record ( row level locking). Bandingkan dengan MyISAM yang hanya memiliki kemampuan penguncian pada tingkatan tabel (table level locking). Hal ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja akses multiuser.InnoDB memiliki fasilitas backup secara langsung, yaitu dapat melakukan backup pada database yang sedang berjalan tanpa harus melakukan proses locking dulu dan tidak akan mengganggu operasional database.
  • InnoDB memiliki kemampuan memulihkan tabel secara otomatis pada tabel-tabel yang rusak.
  • Ukuran database InnoDB dapat melebihi 2 Gigabyte, walaupun sistem operasi yang digunakan saat itu tidak mendukung penggunaan database melebihi 2 Gigabyte.

0 Response to "Penjelasan dan Kelebihan dari Format Tabel InnoDB"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog tentang tugas sekolah ini, silahkan tuliskan komentar

Cari Blog Ini

Google+ Followers